Tasikmalaya Qjabar-Kegiatan untuk Gerakan Pangan Murah (GPM) yang bertempat di halaman kelurahan Kersanagara, memang sudah menjadi agenda rutin BKN, instansi, di kota Tasikmalaya sudah dilaksanakan gelar gerakan pangan murah diwilayah kecamatan masing masing, Rabu 6 Maret 2024.

Kabid Pertanian Heru Mengatakan tujuan dari pada GPM, memudahkan, meningkatkan pusat belanja yang ada di wilayah sekitar masing masing lebih kami prioritaskan beras pada hari ini, mudah mudahan GPM yang kami laksanakan ini bisa paling tidak menstabilkan harga supaya tidak lagi terjadi kenaikan, adapun beras yang kami datangkan hari ini kita yang bekerjasama dengan bulog, mengeluarkan beras SPHP yang tiap titik 3 ton, alhamdulilah 3 ton ini terjual , tiap penjualan tetap kami batasi maksimal pembelian itu hanya 2 kantong ukuran 5 kg, harga yang dijual sesuai per 5kg, yakni 54.000 , tapi bukan sekedar beras yang kami sediakan ini ada bawang, minyak goreng, terigu, gula pasir, telur.

GPM ini untuk masyarakat di wilayah kota Tasikmalaya bisa memenuhi kebutuhan beras dengan harga lebih murah, pelaku dari pada GPM yang ada di tempat yang pertama komoditi sayuran kelompok wanita tani ( Kwt) karena kwt merupakan mitra juga makannya kami libatkan , kami juga mengundang ke produsen pasar moderen , Asia plaza, kemudian perusahaan minyak goreng, kami juga membuka partisipasi dari pasar untuk bisa ikut menyediakan barang kebutuhan masyarakat dengan harga pasar harga telur kami cek dengan harga 28.300.

Kegiatan GPM untuk wilayah kota Tasikmalaya seluruhnya 10 titik di kecamatan masing masing yang sudah terealisasi 7 titik, dan yang 3 kecamatan lagi menyusul. GPM juga akan melaksanakan titik yang belum ada, dari indag juga melaksanakan operasi pasar murah ( OPM ) , itu jelas melaksanakan didalam pasar , kalau kita GPM diluar pasar di pemukiman atau lingkungan.

Jadi untuk 3 titik kecamatan yang belum terealisasi insya Alloh di bulan Ramadhan bisa dilaksanakan, Giat GPM ini sebetulnya dilaksanakan kadang kadang waktunya, tidak tentu tetapi kami menyetingnya kemudian di hari jadi kota Tasikmalaya itu momentum yang sangat tepat sekaligus hari pangan sedunia.

Harapan dari kami BKP3 paling tidak kesediaan masyarakat lebih mudah terjangkau dengan kami melaksanakan GPM turun ke wilayah kecamatan kecamatan, sebetulnya ini kebutuhan masyarakat paling tidak bisa terpenuhi kemudian keterjangkauan Mereka tidak terlalu jauh juga.

Sebetulnya yang kita sodorkan hari ini adalah beras , komoditi yang lainnya juga ada kami utamakan beras karena harga beras sekarang mahal diatas 15rb, yang kami berikan beras layak dikonsumsi untuk masyarakat sekaligus pemerataan bahan pokok , sedikitnya bisa dibantu dengan adanya GPM, pungkas Heru .

 

 

Reporter : Tatang Hidayat

 

 

 

By admin

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *